Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Sebuah Robot dengan Otak Biologis Telah Dibuat


Robot BrainSebuah tim yang terdiri dari ilmuwan dari multi disiplin ilmu di Universitas Reading Inggris telah mengembangkan sebuah robot yang dikontrol oleh otak biologis yang terbentuk dari neuron-neuron terpelajar. Langkah maju ini merupakan awal dari penyelidikan bagaimana memori hadir di otak dan bagaimana otak bisa menyimpan sekumpulan data yang spesifik. Penelitian ini diharapkan dapat semakin memperjelas penyakit yang berhubungan dengan otak seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, stroke dan luka pada otak.
Robot dengan otak biologis merupakan yang pertama kali di dunia dan meskipun beberapa peneliti lain telah mencoba mengontrol robot dengan 'otak' tapi tetap saja dibutuhkan komputer dalam prosesnya.
Otak biologis robot terbuat dari neuron-neuron terpelajar yang ditaruh di atas sebuah multi electrode array (MEA). MEA adalah sebuah piring yang terdiri dari sekitar 60 elektroda yang berfungsi menangkap sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sel-sel. Ini digunakan untuk mengemudikan pergerakan robot. Tiap kali robot mendekati obyek sinyal-sinyal akan diarahkan untuk merangsang otak melalui elektroda-elektroda. Jika merespon maka output robot akan mengemudikan roda robot ke kanan dan ke kiri sehingga robot akan bergerak guna terhindar dari menabrak obyek lain. Robot ini tidak mendapat pengontrolan baik dari manusia maupun komputer, pengontrolan dilakukan oleh otaknya sendiri.
Kini para peneliti sedang bekerja membuat robot belajar untuk menerima sinyal-sinyal yang berbeda sehingga dapat bergerak pada posisi yang sudah dikenali sebelumnya. Diharapkan selama proses belajar akan memungkinkan para peneliti menyaksikan bagaimana memori hadir di otak ketika robot mengunjungi kembali daerah-daerah yang sudah dikenalinya.

Penulis : cybertechno ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sebuah Robot dengan Otak Biologis Telah Dibuat ini dipublish oleh cybertechno pada hari Kamis, 16 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sebuah Robot dengan Otak Biologis Telah Dibuat
 

0 komentar:

Posting Komentar